PT. Permodalan Ekonomi Rakyat (PER)

Rabu, 19 Juli 2017

Tanaman gaharu belum begitu popular di Riau. Padahal, komoditi tanaman yang satu ini bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, gaharu banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER) melalui GeraiUMKM PER Riau, melihat potensi itu sangat besar untuk dikembangkan di Riau, terutama dalam menambah ekonomi masyarakat. Melihat potensi itu, PT PER melalui GeraiUMKM PER Riau sepakat melakukan kerja sama dengan pelaku UKM Gaharu Plaza Pekanbaru.

Keduanya sepakat segera merealisasikan kerja sama ini sebagai upaya melakukan inivasi tanaman gaharu. ‘’Memang kami (Gaharu Plaza red) bersama PT PER sepakat untuk melakukan kerja sama mengembangkan tanaman gaharu di Riau,’’ kata CEO Gaharu Plaza Pekanbaru, Budi H Hasibuan.

Untuk tahap awal, kata Budi, UKM Gaharu Plaza bersama dengan PT PER, akan membangun kebun gaharu yang akan dibangun di Desa Sei Pinang Kabupaten Kampar sebanyak 2 hektar yang siap untuk ditanami.

PT PER akan memberikan dukungan modal termasuk penyediaan bibit tanaman gaharu. Sementara mereka terlibat dalam perawatan hingga panen tanaman gaharu.

Budi mengakui kalau tanaman gaharu di Riau belum begitu popular dan diminati masyarakat. Padahal, tanaman yang satu ini memiliki nilai ekonomis tinggi. Karenanya, melalui kerja sama kedua belah pihak yang dilakukan, bisa mendorong masyarakat Riau dan para pelaku UMKM di Riau untuk mengembangkannya.

Soal pemasaran, menurutnya tidak perlu diragukan. Gaharu yang dikelola mereka, tidak hanya menjual tanamannya saja, tetapi hingga hilir yang dihasilkan gaharu. ‘’Daunnya dalam dua tahun sudah bisa kita panen untuk the. Dan tanaman gaharunya dalam waktu tujuh tahun sudah bisa menghasilkan. Semua hasil tanaman gaharu ini, kita akan bantu pemasarannya,’’kata Budi.

Hasil tanaman gaharu tidak saja dijual di dalam negeri, namun beberapa Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura menjadi market gaharu yang dipasarkan oleh Gaharu Plaza.

Direktur Utama PT PER, H Syamsul Bakri mengatakan, langkah ini untuk mendorong inovasi tanaman gaharu di Riau. Tanaman gaharu, adalah tanaman langka yang memiliki nilai ekonomis tinggi jika dikelola dengan inovasi, sehingga bisa menjadi komoditi yang punya nilai tambah. Begitu juga dengan pangsa pasar, gaharu memiliki peminat yang cukup luas, baik dalam negeri maupun luar negeri terutama Negara-negara di timur tengah. Karena itu perlu promosi yang lebih baik. ‘’dan kami siap bantu,’’ ujarnya. (Nton’s & Hyu)