PT. Permodalan Ekonomi Rakyat (PER)

Rabu, 22 Juni 2016

Minggu 19 Juni 2016 PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau merayakan hari jadinya. Di usia yang ke-13 tahun ini, PT. PER telah tumbuh dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak hal yang telah dicapai oleh perusahaan milik Pemerintah Provinsi Riau ini. Sebagai BUMD yang dibentuk dengan tujuan untuk menyalurkan permodalan kepada UMKM, PT. PER telah berhasil membantu ribuan pelaku UMKM di Provinsi Riau. Dengan 8 (delapan) cabang yang tersebar di 8 (delapan) kabupaten/kota di Provinsi Riau, PT. PER terus berupaya meningkatkan pelayanan dan penyaluran kredit dan modal kerja kepada UMKM dan koperasi di Provinsi Riau.

Menurut Direktur Utama PT. PER H. Syamsul Bakri, S.E., M.M., saat ini perusahaan yang dipimpinnya sedang berupaya terus menerus meningkatkan kinerja. Pria yang memimpin PT. PER sejak 1 April 2016 ini, mengatakan PT. PER akan menjadi ‘supermarket’, “Artinya, PT. PER menjadi tempat melayani segala kebutuhan jasa keuangan masyarakat di Provinsi Riau, seperti pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan, pembayaran tagihan listrik dan telepon, hingga pembelian pulsa prabayar telepon seluler”, ujarnya. Perusahaan telah mengadakan kerja sama dengan Bank Riau Kepri dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, PT. PER telah menjajaki kerja sama dengan Exim Bank dan berusaha menyalurkan dana LPDB dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Saat ini, PT. PER juga sedang membangun komunikasi dengan Pemprov Riau, untuk meminta izin pengelolaan bekas Pujasera di jalan Arifin Achmad. “Kita akan jadikan pujasera itu menjadi Pasar Wisata UMKM Binaan PT. PER. Proposal sudah disampaikan kepada Gubernur Riau, dan dalam waktu dekat, jika disetujui Gubernur, akan kita lakukan renovasi terhadap bangunan dan los-los yang ada di sana”, imbuh Syamsul.

Banyak hal-hal strategis lain yang telah dilakukan mantan bankir ini. Di internal perusahaan, Syamsul terus memacu kompetensi para stafnya. Secara periodik, seluruh karyawan diberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan di unit kerja masing-masing. Pelatihan analisa kredit untuk para analis, pelatihan pengelolaan manajemen risiko, pelatihan SDM dan masih banyak lagi.

Di bidang Teknologi Informasi, Syamsul telah melakukan kerja sama dengan Bank Riau Kepri untuk pengadaan sistem online berbasis komputerisasi. Ke depan, seluruh cabang PT. PER akan terkoneksi, dan tentunya akan meningkatkan pelayanan kepada seluruh debitur.

Di ulang tahun ke-13 tahun ini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, PT. PER akan merayakannya secara sederhana. Puncak perayaan akan dilaksanakan pada hari Selasa (21/6) besok, dengan mengundang seluruh stakeholders, seluruh mantan pengurus perseroan serta akan berbagi dengan anak yatim. “Di bulan suci ini, kami juga memberikan santunan kepada 70 orang anak yatim dari Panti Asuhan Baitullah dari Rimbo Panjang”, tutup Syamsul. (Humas)