PT. Permodalan Ekonomi Rakyat (PER)

Senin, 13 September 2021

PT. Permodalan Ekonomi Rakyat (PT.PER) kembali berhasil meraih prestasi di ajang tertinggi nasional TOP BUMD Award 2021 pada ajang yang diadakan setiap tahunnya tersebut. TOP BUMD Awards merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada seluruh Badan Usaha Milik Daerah yang terdapat Di Indonesia. Ajang tahunan untuk mengapresiasi kinerja serta memotivasi kinerja badan usaha milik daerah yang ada di Indonesia ini diikuti oleh 182 badan usaha milik daerah (BUMD) dari 1.149 BUMD yang ada di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Top BUMD Award 2021, Lutfi Handayani mengatakan, “bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas kinerja BUMD yang dinilai telah mampu memberi kinerja terbaik dalam pembangunan daerah. Hal lainnya yang dinilai yaitu BUMD mempunyai strategi inovasi masa pandemi sehingga perusahaan tetap tumbuh.”

Pada ajang tahunan bergengsi tersebut PT. Permodalan Ekonomi Rakyat berhasil meraih torehan TOP BUMD 2021 Stars 3, dimana pemberian piagam serta piala TOP BUMD Awards langsung diterima oleh Direktur PT Permodalan Ekonomi Rakyat Ganesya Varandra dan Komisaris PT. Permodalan Ekonomi Rakyat Chairul Riski. Pada Acara Puncak Penganugerahan yang dilaksanakan di Hotel Raffles Jakarta pada Jumat 10 September 2021.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Provinsi Riau Syamsuar juga memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah Terbaik setelah beberapa BUMD yang dibawah binaanya memperoleh prestasi yang membanggakan pada ajang bergengsi TOP BUMD Awards atas komitmen dan dukungannya memperkuat kinerja BUMD di Provinsi Riau.

Pada kesempatan yang sama Kepala Litbang Kemendagri Ahmad Fathoni mewakili Menteri dalam Negeri menyampaikan BUMD harus mampu memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat. Oleh karena itu BUMD memerlukan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan agar BUMD bisa maju. Pemerintah sebagai pemilik BUMD harus memiliki portofolio untuk menyikapi hal yang harus dilakukan oleh setiap BUMD.

Pemerintah Daerah harus mampu membangun sinergitas antar BUMD sebagai lokomotif ekonomi daerah. Komitmen pemerintah sebagai pemegang saham terutama dalam permodalan adalah hal yang sangat penting untuk penguatan BUMD sebagai agen pembangunan daerah. Saat ini BUMD harus cepat mengambil langkah dalam bersaing agar meraih kesempatan yang ada terutama masa pandemi saat ini