PT. Permodalan Ekonomi Rakyat (PER)

Senin, 12 Desember 2022

PEKANBARU – Hasil dari kerja keras, komitmen, kolaborasi, dan dukungan dari seluruh jajaran, PT Permodalan Ekonomi Rakyat Provinsi Riau kembali meraih terbaik III atau menuju Informatif pada ajang tahunan Komisi Infotmasi Award 2022 yang diselenggarakan pada hari Senin 12 Desember 2022 pukul 08.00 WIB di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Komisi Informasi Awards 2022 dibuka langsung oleh Ketua KI Riau Zufra Irwan dan dihadiri oleh Ketua KI Pusat Donny Yoesgianto serta dihadiri Gubernur Riau yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Penghargaan KI Awards 2022 dengan kategori BUMD Provinsi, Kabupaten dan Kota ini diterima langsung oleh Direktur PT PER Ganesya Varandra. PT PER dinilai patuh, transparan dan komitmen terhadap keterbukaan informasi publik di lingkungan BUMD se-Provinsi Riau. Status menuju informatif merupakan kategori penghargaan yang baik bagi badan publik yang telah menyelenggarakan layanan informasi publik.

Dengan keterbukaan informasi publik dapat menimbulkan kepercayaan publik untuk dapat dengan mudah memperoleh informasi. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang menegaskan informasi merupakan hak asasi manusia.



Sementara itu Ketua KI Riau Zufra Irawan dalam pidato pembukaannya menegaskan bahwa apresiasi keterbukaan informasi ini sudah melalui proses yang panjang yaitu melalui penilaian Self Assesment Questionnare (SAQ), Implementasi Kepatuhan Publik melalui PPID seperti Desk Layanan Informasi, Teknologi Informasi, serta Daftar Informasi Publik (DIP).

Beliau juga menegaskan bahwa “Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi dan kepatuhan terhadap keterbukaan informasi publik sesuai Undang-Unfang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang diberikan kepada OPD Provinsi, Kabupaten/Kota, Partai Politik. BUMD, Perguruan tinggi, Instansi Vertikal, Pemerintah Desa, Penerima Dana Hibah serta KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota”